Sistem Pengendalian Manajemen dan Strategi Perusahaan

Sistem pengendalian manajemen (SPM) adalah suatu hal yang wajib dilakukan apabila sebuah perusahaan mempraktikkan desentralisasi. Dengan diterapkannya desentralisasi, ada resiko tidak tercapainya tujuan perusahaan karena setiap departemen dapat membuat kebijakan secara independen. Oleh karena itu, SPM wajib diterapkan untuk meminimalisir resiko tersebut.

Penerapan SPM mensyaratkan adanya kesesuaian antara strategi perusahaan dan desain SPM itu sendiri. Hal ini sangat dibutuhkan agar SPM dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan. Namun, ada sebuah pertanyaan yang mendasar tentang kesesuaian strategi dan SPM, yaitu:

Apakah SPM yang disesuaikan dengan strategi perusahaan atau sebaliknya?

Tidak ada jawaban yang salah untuk pertanyaan di atas. Berikut ini adalah penjelasannya:

SPM Disesuaikan Dengan Strategi Perusahaan
Jika perusahaan ada pada industri yang perubahan lingkungannya dapat diprediksikan maka sebaiknya SPM disesuaikan dengan strategi perusahaan. Pada industri seperti ini, strategi yang handal dapat dirumuskan terlebih dahulu karena perubahan lingkungan dapat diprediksikan. Selanjutnya, desain SPM akan disesuaikan dengan strategi yang sudah dirumuskan.

Strategi Perusahaan Disesuaikan Dengan (Dipengaruhi Oleh) SPM
Pada sisi lain, jika perusahaan ada pada industri yang perubahan lingkungannya sulit diprediksikan, maka strategi perusahaan cenderung disesuaikan dengan SPM. Adanya perubahan lingkungan yang sulit diprediksikan mebuat perumusan strategi yang handal menjadi sulit untuk dilakukan. Pada kondisi seperti ini, strategi sering kali muncul dari eksperimen dan proses di luar rencana yang secara singnifikan dipengaruhi oleh SPM.


0 comments to "Sistem Pengendalian Manajemen dan Strategi Perusahaan"

Post a Comment

Tentang Blog Ini

Tidak lain dan tidak bukan, bisa diliat dari namanya, tujuan utama dari blog ini adalah untuk membantu mahasiswa akuntansi yang akan mengikuti ujian akhir komprehensif (kompre). Selain buat mahasiswa yang akan mengikuti ujian kompre, semoga blog ini juga bisa membantu mahasiswa secara umum.
Web hosting for webmasters